BELAJAR DI RUMAH, GIMANA BISA FOKUS ??

Terkadang, kalian merasa kesulitan untuk belajar di rumah kan, tidizen? Baik itu mengerjakan tugas atau sekedar membaca materi. Pasti ada saja hal-hal yang membuatmu salfok alias salah fokus. Acara TV, notifikasi youtube, atau saudara kalian yang sudah menanti untuk online game. Duh. Enggak mau kan tugas-tugas kalian terbengkalai, nilai ulangan enggak sesuai harapan, atau lupa enggak bawa buku pelajaran. Padahal kalian punya banyak waktu di rumah untuk mempersiapkan itu semua. Terus gimana dong caranya biar bisa belajar di rumah tapi tetap fokus?

Hal yang harus diketahui terlebih dahulu adalah tipe belajar yang disukai seperti apa? Apakah lebih nyaman belajar sendiri atau harus ada teman? Enggak ada salahnya kok kalau minta ditemani keluarga. Kalian bisa berdiskusi banyak hal bersama mereka. Nah, untuk kalian yang lebih senang menyendiri di dalam kamar, bisa dicoba beberapa tips di bawah ini.

  1. Harus berdoa dan niatkan diri

Yakinkan hati kalau kalian pasti bisa menyelesaikan apapun tugas di hari itu. Say big no no no untuk nyontek pekerjaan teman di sekolah. Ingat, niat yang baik itu awal dari kelancaran segala kegiatanmu. Tapi jangan cuma sekedar niat juga lho ya, harus disertai aksi setelahnya.

  1. Rapikan area belajar

Jangan sampai waktu belajarmu sia-sia karena sibuk mencari barang yang lupa disimpan dimana. Kepanikan dalam mencari sesuatu itu bisa membuatmu jadi hilang fokus juga lho, tidizen. Tempat yang rapi dan tertata bisa membuatmu lebih nyaman belajar. Kalian bisa membuat beberapa area untuk mengelompokkan barang-barang yang diperlukan saat itu, seperti kumpulan buku tugas, peralatan tulis, catatan-catatan kecil, dll.

  1. Buat daftar apa saja yang akan dikerjakan/dipelajari

Kalian bisa mulai dengan belajar materi yang paling disukai terlebih dahulu. Dengan begitu bisa meningkatkan mood kalian untuk belajar materi-materi lain setelahnya. Jangan dulu multitasking di luar daftar yang sudah dibuat deh. Misalnya kalian belajar materi IPA untuk ulangan besok, eehh tapi diselingi dengan mengerjakan tugas seni budaya untuk minggu depan. Duh. Hal seperti itu sebaiknya enggak dilakukan ya, tidizen. Fokuskan saja daftar yang kalian buat untuk materi yang mendesak keesokan harinya.

  1. No gadget ?

Hari gini disuruh jauh-jauh dari gadget??? Apa kata dunia (maya)???

Ini memang poin yang cukup penting dalam proses belajar di rumah. Kalian harus punya kontrol terhadap diri sendiri. Enggak gabung di chat dalam waktu 1-2 jam untuk belajar, enggak akan rugi kok, tidizen. Terus gimana dong dengan tugas/materi yang harus dikerjakan dengan gadget? Kalian bisa menggunakan laptop atau minta tolong ayah bunda meminjamkan gadget-nya untuk melakukan penelusuran di web. Kalau terpaksa harus menggunakan gadget sendiri, pastikan kalian tidak membuka percakapan atau hanya membalas percakapan dari orang yang dirasa penting saja ya. Enggak ada salahnya untuk membisukan (mute) beberapa group chat atau multiple chat agar tidak mengganggu fokus kalian saat itu.

  1. Beri patokan waktu

Gini lho, tidizen. Belajar di rumah bukan artinya semua waktu senggang kalian di rumah itu harus dipakai untuk berkutat dengan buku, tugas, pelajaran, dsb. Atur waktu kalian dan targetkan akan belajar/menyelesaikan tugas dalam waktu berapa lama. Kalau enggak banyak hal yang harus dikerjakan, 30-45 menit cukup kok untuk mengulas kembali materi sebelumnya atau mempelajari materi selanjutnya. Tapi kalau kalian membutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan beberapa tugas, jangan lupa luangkan waktu untuk sekedar peregangan. Biar bagaimanapun tubuh kalian membutuhkan waktu untuk beristirahat agar bisa kembali fokus.

Nih, ada seorang profesor psikologi dari Pierce College di Washington, Marty Lobdell, yang mengemukakan konsep “belajar sedikit istirahat sejenak”. Hal ini dimaksudkan agar materi yang dipelajari lebih mudah untuk diserap karena otak manusia itu hanya efektif mempelajari sesuatu dan menyimpan informasi yang dipelajari tersebut dalam kisaran waktu kurang lebih 30 menit [1].

Gimana, tidizen? Itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba agar tetap fokus selama belajar di rumah. Terlepas dari tips yang sudah diberikan di atas, proses belajar di rumah itu tetap bergantung pada diri kalian sendiri. So, tetap semangat dan yakin deh kalau semua kerja keras kalian akan membuahkan hasil yang baik.

 

Sumber:

[1] Study less Study Smart, Belajar dari Prof. Marty Lobdell. Artikel Online, diakses pada 18 Agustus 2019. https://www.kompasiana.com/astayoga/58df1bb82e7a619c41a07ad8/study-less-study-smart-belajar-dari-prof-marty-lobdell?page=all

 

Kak Revi – Bimbel Tridaya Kalimantan

Please wait...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *