Trik Belajar Cerdas

Pasti kita akrab dengan belajar SKS (sistem kebut semalam) yang menjadi andalan disaat kia belajar. Belajar suntuk sampai tengah malam, bahkan pagi hari sampe engga tidur. Atau dgn pola belajar yg matang, udah siap sebelum hari H berbekal ilmu dan hapalan yg udah di luar kepala.

Untuk kita yang udah akrab dengan pola SKS, sebaiknya cara itu harus mulai kita tinggalkan. Karena cara itu kurang efektif untuk ingatan jangka panjang. Dan untuk kita yang akrab beberapa jam sebelum ujian (misal ujian jam 8 pagi, kita belajar lagi pagi jam 7 atau beberapa menit sebelum ujian) sebaiknya juga tinggalkan, karena itu juga akan menghapus memori ilmu yang udah kita pelajari sebelum-sebelumnya.

———————————————-
Lalu gimana caranya? Tolong baca dengan teliti dan resapi dengan baik-baik.

1. Sebelum belajar, sikat gigi dulu
Saat aku dikasi tahu temenku tentang trik pertama ini, bingung apa maksudnya. “Apa hubungannya sikat gigi dengan belajar?”, itu benak saat itu. Dan bahkan sampai sekarang pun masih bingung apa hubungannya. Cuma kalo dilogika, sepertinya belajar dalam keadaan mulut segar itu terasa fresh dan otak terasa segar (gimana rasanya kalo kita sehabis sikat gigi, segar kan?). Perasaan yang segar akan mempermudah kita dalam proses belajar.

2. Berwudhu dan menjaga wudhu
Setelah diberi tahu trik pertama, trik kedua ini lebih indah lagi. Disaat kesegaran kita setelah sikat gigi + berwudhu, gimana rasanya? Subhanalloh… Luat biasa! Dan berusaha untuk menjaga wudhu, itu jangan lupa. Gimana kalo pas belajar tiba-tiba batal? Ya berwudhu lagi, dan berusaha untuk menjaganya. Sepertinya di trik ini kita juga belajar tentang menjaga konsentrasi dan niat dalam melakukan sesuatu.

3. Perbanyak melaksanakan solat sunnah (Dhuha, Rawatib, Tahajud, dll.)
Kalo langkah udah ga perlu dibahas panjang lebar lagi, Kita tahu kan kalo kewajiban solat cuma 5 kali, tapi kalo ditambah sunah-sunahnya + doa, luar biasa bukan? Yang pasti disaat ini kita harus banyak-banyak 

4. Setelah solat (fardhu ataupun sunnah) dibiasakan membaca Al-Qur’an
Nah, ini juga sunnah yg luar biasa sekali pahalanya. Sepertinya ini g perlu dibahas panjang lebar (karena aku juga sulit gmn menjelaskannya, takut kalo salah). Yang jelas, sunah dan kewajiban ga perlu dipertanyakan lagi.

5. Jangan bergadang, lebih baik tidur awal dan belajar solat malam
Untuk kita yaang spesialis SKS (Sistem Kebut Semalam), sebaiknya tinggalkan. Mata, badan, dan otak kita itu butuh istirahat. Efektif kita harus tidur jam 10 malam, bahkan ini jg sunah nabi dan sahabat. Untuk apa? Solat malam. Kita harus mulai belajar solat malam, salah satu sunah terindah yang amalannya luar biasa.

6. Perbanyak doa, terutama di waktu-waktu mustajab (1/3 malam, sujud terakhir, menunggu iqomat, dll.) Untuk kita yang biasanya selesai solat (wajib atau sunah) jangan langsung beranjak, luangkan waktu untuk berdoa, terutama di waktu-waktu mustajab. Tau mustajab kan? Insya Alloh dikabulkan, amin…

7. Mohon doa dari orang tua dan teman-taman (pokoknya banyak orang)
Kapanpun dan dimanapun (kecuali di dalem WC ya, hehee) perbanyak doa. Jangan lupa juga kita harus meminta doa pada orang disekitar kita (orang tua, sodara, tetangga, sahabat, dll) sebanyak-banyaknya. Setiap bertemu orang, ngomong aja, “Minta doanya ya agar aku berhasil ujian.”

8. Tinggalkan maksiat , usahakan sebisa mungkin puasa, perbanyak infaq, terus istiqomah
Nah lho, nah lho… Untuk kita yang masih rawan di hal ini, hati-hati lho ya. Tau maksiat kan? Ga perlu dijelasin dah, tau semua kayaknya. Yang jelas itu harus ditinggalkan. Engga cuma pas mau ujian aja lho, tapi tiap hari. Puasa, infaq, sodaqoh juga jangan lupa. Yang biasanya cuma puasa setahun sekali (pas romadhon) tambahi lagi sunah-sunahnya (senin-kamis, daud, dll). Istiqomah juga jangan lupa.

 

Ini trik untuk H – 1 ujian

 

– Yang biasanya belajar sampe malem, mending ya tidur aja kalo udah jam 10 malem.

– Kalo takut ga bisa bangun untuk solat malem, minta sodara, ortu, jam weker, alarm HP sebanyak-banyaknya. Memang biasanya untuk pertama kali itu sulit. Tapi kalo udah kebiasaan ya gampang aja.

– Udah bangun pagi buta (jam 2 atau 3 pagi), langsung sikat gigi, wudhu, solat sunah, doa, baca alqur’an, baru belajar. Belajar di pagi hari seger banget lho. Ini kondisi dimana otak dalam keadaan fresh 100%.

– Solat Subuh jangan lupa, mandi juga (masa mau ujian ga mandi?). Kalo pas hari itu ada waktu untuk puasa sunah (misal hari senin / kamis), laksanakan puasa. Berarti pas bangun pagi buta tadi juga sahur sekalian. Waktu bisa diatur lah gimana.

– Minta doa ibu, ayah, kakak, adik, om, tante, pakde, bude, kakek, nenek, tetangga kanan-kiri, teman-teman, orang ketemu di jalan, sopir dll. Minta doa supaya diberi kelancaran dalam menghadapi ujian dan hasil yang optimal.

– READY TO EXAM! Saran
Saran: Ga perlu baca-baca materi lagi kalo udah sampai tempat ujian. Kalo itu dilakukan, apa yg udah dipelajarin pagi-pagi sebelumnya akan lupa dan yang diingat hanya apa yang kita baca beberapa menit sebelum ujian itu.

sumber: http://www.kaskus.us

Please wait...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *