Belajar Online di Era New Normal

Seperti yang diketahui, belajar online di era ne normal memiliki tantangan tersendiri. Beberapa siswa berjuang dalam pembelajaran digital, terutama siswa yang terkendala akses internet. Penelitian mengungkapkan masih banyak yang khawatir bahwa pandemi Covid-19 akan memperlebar kesenjangan siswa dalam memperloleh pendidikan. Apakah belajar online sama efektifnya? Jawab ini tentu saja bergantung pada siapa yang mengelola dan menggunakan akses internet itu. Ada kalanya akses internet dalam pembelajaran memberikan distraksi tertentu sehingga pola pendidikan yang seharusnya tercapai akan terhambat, begitu pula sebaliknya.

 

Adanya akses internet akan mempermudah proses pembelajaran, dikarenakan beberapa penelitian membuktikan bahwa sebanyak 20 % tujuan pembelajaran akan tercapai dalam pembelajaran digital karena siswa dapat mengakses internet di mana saja dan materi yang di baca dan dilatihkan dapat diulang – ulang ketimbang pembelajaan melalui proses tatap muka.

 

Dalam era new normal saat ini, pembelajaran yang digabung melalui pembelajaran tatap muka dan secara online melalui sebutan hybrid learning tentunya menumbuhkan tantangan tersendiri. Dimana siswa memiliki kerinduan untuk bertemu dengan teman – temannya melalui pembelajaran ini, namun di sisi lain proses interaksi tersebut sangatlah terbatas dan perlu ada metode pembelajaran secara online. Tentunya perlu ada adaptasi berlapis antara melalui pembelajaran online dan tatap muka.

Please wait...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *