Buat Di Artikel – Belajar

YAKIN HARI GINI MASIH MAU BIMBEL?

Hai tidizen, gimana sekolahnya? Lancar atau masih bingung sama materi pelajaran sekolah?

hehehe.. buat tidizen kelas 9 bimbel mungkin jadi salah satu pilihan supaya kalian bisa lebih paham materi-materi sekolah ya dan sekarang kalian bisa pilih bimbel konvensional {offline} atau bimbel online. Kalian bisa pilih mana bimbel yang sesuai buat kalian ya tidizen. Tapi sebagian orang menganggap bimbel mungkin udah ga diperluin di zaman sekarang, hmmm… setuju ga tidizen? Nah kita kupas dikit tentang fenomena dunia pendidikan dan bimbel di zaman sekarang yuk tidizen…

Yup, kalian pasti sudah tau banget tentang fenomena di dunia pendidikan  sekarang. Mulai dari beragamnya respon masyarakat tentang kurikulum 2013, pro dan kontra sistem zonasi, dan berubahnya pandangan sebagian orang tua tentang bimbingan belajar atau bimbel yang dirasa sudah kurang memberikan dampak yang diingiinkan mengingat sebagian orang mengganggap dengan  sistem zonasi maka  nilai UN bukan lagi faktor utama seorang anak bisa masuk ke sekolah favoritnya.

Menarik sekali untuk sedikit mengupas masalah dunia pendidikan sekarang ya…terutama dampak sistem zonasi yang dirasakan para pelaku bisnis bimbel, baik bimbel online maupun bimbel konvensional. Buat tidizen khususnya kelas akhir bimbel menjadi salah satu opsi untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan akademik dengan harapan akan mendapatkan nilai ujian nasional yang memuaskan.

Kalau dulu kita mungkin ikut bimbel karena ikut-ikutan temen atau mungkin ngikutin trend aja ya, hehe…tapi sekarang dengan semakin rumitnya materi pelajaran dan tuntutan sekolah yang tinggi maka ikut bimbel jadi salah satu solusinya walaupun mungkin sebagian orang menganggap kalau ikut bimbel itu ribet dan cape karena umumnya kalian ikut bimbel setelah pulang sekolah.

Seiring makin canggihnya teknologi dan kebutuhan masyarakat akan gadget yang semakin tinggi, beberapa bimbel melihat peluang emas ini dengan meluncurkan bimbel online dimana siswa bisa lebih fleksibel dalam belajar karena dengan mengikuti bimbel online mereka tinggal membayar sejumlah biaya yang lebih murah dibandingkan dengan bimbel konvensional dan mereka bebas memilih kapan akan belajar dengan melihat video tutorial yang diberikan. Namun kelemahan dari bimbel online ini proses belajarnya hanya satu arah, siswa jadi pasif karena hanya melihat video, dan siswa tidak bisa leluasa bertanya seperti di bimbel offline (konvensional).

Semakin menjamurnya bimbel online tentu sangat berdampak pada bimbel offline dengan gaya belajar yang masih konvensional. Siswa harus datang di hari dan jam tertentu untuk belajar. Sebagian orang menganggap bimbel offline ribet dan tidak praktis. Namun bimbel offline juga memiliki keunggulan diantaranya proses belajar tidak hanya satu arah tapi siswa bisa aktif bertanya sepuasnya kepada tutornya, tutor bisa memantau perkembangan belajar siswanya dan yang lebih penting adalah ada efek psikologis yang dirasakan siswa ketika bertemu langsung dengan tutornya.

Efek psikologis tersebut bisa timbul diantaranya akibat suasana belajar yang penuh keakraban, kegembiraan, canda tawa, saling bertukar cerita seputar pelajaran atau yang lainnya. Ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi siswa untuk lebih giat dalam belajar.Suasana seperti ini membuat suasana belajar jadi lebih bermakna, tak terlupakan, dan ngangenin.

Yup, apapun bimbel di zaman sekarang, terlepas dari pandangan sebagian orang khususnya orang tua yang menganggap bimbel kurang begitu diperlukan lagi, bimbel sebenarnya ikut berperan dalam pembentukan sikap siswa, jiwa sosial siswa, interaksi sosial, jiwa berkompetisi, memberi makna pada proses belajar dan pencapaian prestasi baik akademik maupun non akademik yang akan membentuk karakter siswa menjadi lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

So, keberhasilan siswa dalam belajar bukan dilihat apakah dia masuk sekolah favorit atau tidak tapi bagaimana siswa bisa berkembang dalam hal kemampuan akademik, sikap, pola pikir, interaksi sosial, dan aktualisasi diri.Hal tersebut menjadi bukti bahwa bimbel masih relevan di zaman sekarang. Bimbel yang katanya ribet tapi bisa berdampak positif dan ngangenin.

 

Kak Deden – Bimbel Tridaya Cijerah

Please wait...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *